Materi 1 KEPEMIMPINAN

Oleh : Drs. Pamuji ( Kepala Madrasah )



A. Pendahuluan

Kepemimpinan adalah merupakan masalah senteral dalam kepengurusan suatu

organisasi. Maju mundurnya suatu organisasi, mati hidupnya organisasi, tumbuh

kembang organisasi, senang tidaknya bekerja dalam suatu organisasi serta tercapai

tidaknya tujuan organisasi sebagian ditentukan oleh tepat tidaknya kepemimpinan yang

diterapkan dalam organisasi yang bersangkutan. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa

pemimpin hanya dapat menjalankan kepemimpinannya sehingga tujuan organisasi dapat

tercapai sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh anggotanya,tetapi yang dikenal adalah

pemimpin itu sendiri.

Pada pembahasan materi kepemimpinan ini dibatasi oleh kepemimpinan khas Indonesia

yang sesuai dengan Dasar Negara, Palsafah serta pandangan hidup bangsanya.

B. Sikap Dasar Kepemimpinan

1. Pengertian Kepemimpinan (Leadership)

Kepemimpinan atau Leadership berasal dari kata dasar “pimpin” yang artinya bimbing atau tuntun, atau dalam kata kerja “memimpin” yaitu membimbing atau menuntun. Sedangkan kepemimpinan (menunjukkan kata sifat) adalah perilaku seseorang yang dibentuk oleh gabungan karakter positif seorang pemimpin. Ada sifatsifat yang melekat dan karenanya ia lebih bersifat Universal sebab didalamnya menyangkut parameter nilai (standar value). Determinasi kepemimpinan menurut Kartini Kartono meliputi 3 faktor, yaitu (1)

faktor orang/pribadi (2) faktor posisi (3) factor situasi.

Jadi pemimpin adalah orang yang memiliki kelebihan sehingga dia mempunyai kekuasaan dan kewibawaan untuk menggerakkan, mengerahkan, dan membimbing bawahan. Dalam pengertian lebih luas Pemimpin adalah seseorang yang memimpin dengan jalan emprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, menunjukkan,

mengorganisir dan mengontrol usaha orang lain atau melalui prestise kekuasaan.

Menurut Paul Mersey dan Kenenth M. Blanchard, 1982 Kepemimpinan adalah proses

mempengaruhi kegiatan individu atau kelompok dalam usaha mencapai tujuan dalam

situasi tertentu.

Dari berbagai pendapat pada dasarnya Kepemimpinan mempunyai dua hal yang

dominan, yaitu mempengaruhi dan saling pengaruh. Mempengaruhi mengandung

kesan searah sedangkan saling pengaruh mengandung makna timbal balik. Karena

berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar

bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sedangkan bagaimana pemimpin mempengaruhi bawahan/anggota bias bermacammacam,

antara lain dengan memberikan gambaran masa depan yang lebih baik,

memberi perintah, memberi imbalan, melimpahkan wewenang, memberi

penghargaan, memberi kedudukan, membujuk, mengajak, memberi kesempatan

berperan, memberi motivasi, memberikan arah, mendorong kemajuan, menciptakan

perubahan, memberikan ancaman, hukuman dll.

C. Teori Kepemimpinan

Faktor-faktor yang terdapat dalam kepemimpinan dengan pendekatan :

1. Pendekatan Bakat

Teori ini memandang bahwa pemimpin dianugerahi bakat untuk yang membedakan

mereka dari orang kebanyakan dan menurut Ordway Tead : “Seseorang Pemimpin

harus memiliki sepuluh syarat yang berkenan dengan” :

1. Kekuatan fisik dan susunan syaraf

2. Penghayatan terhadap arah dan tujuan

3. Antusiasme

4. Integritas

5. Keahlian teknis

6. Kemampuan memutuskan

7. Keramah tamahan

8. Intelegensia

9. Keterampilan mengajar

10. Kepercayaan

Hunt lebih mempersempit lagi bahwa yang berhasil menjadi pemimpin umumnya

mereka yang mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :

1. Mempunyai intelegensia diatas rata-rata

2. Sehat

3. Berasal dari golongan menengah atau atas

4. Mempunyai keinginan yang kuat

5. Seringkali anak pertama atau anak laki-laki pertama

Teori ini dalam kenyataannya tidak berhasil menemukan seperangkat bakat yang

menjamin berhasilnya kepemimpinan dan dalam kenyataannya tidak semua bakat

yang diharapkan.

2. Pendekatan Situasional

Teori ini berkeyakinan, bahwa situasi tertentulah yang melahirkan pemimpin.

Menurut Murphy : 1941, bahwa pemimpin dilahirkan oleh situasi darurat atau gawat.

Dalam situasi demikian muncul seorang yang mempunyai kemampuan membaca

situasi dan berhasil mengatasinya maka lahirlah seorang pemimpin.

3. Pendekatan Bakat dan Situasional

Pendekatan bakat gagal menemukan perangkat bakat yang menjamin keberhasilan

pemimpin. Sebaliknya pendekatan situasional terlalu meremehkan bakat walaupun

hasil penelitian menunjukkan adanya bakat dan keberhasilan memimpin. Oleh karena

itu para teoritisi berpendapat bahwa pemimpin adalah suatu proses yang melibatkan

pemimpin, anak buah dan situasi.

D. Azas Kepemimpinan

Sikap dasar dan Prinsip bagi seorang pemimpin adalah :

a. Konsisten dan Konsekwen dalam menghayati dan mengamalkan Pancasila.

b. Mengayomi, suka memberi perlindungan atau memberi teguh sehingga pengikutnya

selalu merasa aman dan tentram dalam perlindungannya.

Disamping sikap dasar diatas, para pemimpin organisasi di Indonesia perlu

mengembangkan sifat-sifat tertentu, yaitu :

a. Adil

b. Arif bijaksana

c. Penuh prakarsa/inisiatf

d. Percaya diri

e. Penuh daya pikat

f. Ulet

g. Mudah mengambil keputusan

h. Jujur

i. Berani mawas diri

j. Komunikatif

Karena latar belakang budaya, agama dan heterogenitas masyarakat in donesia yang khas,

secara operasional kepemimpinan organisasi di Indonesia harus berpegang pada 11 azas

kepemimpinan sebagai norma, yaitu :

1. Taqwa; percaya pada Tuhan Yang Maha Esa

a. Ing Ngarso Sung Tulodo ; didepan memberi teladan

b. Ing Madya Mangun Karso ; ditengah membangun kemampuan, tekad dan

prakarsa.

c. Tutwuri Handayani ; dibelakang memberi dorongan, penggerak, pengarah.

d. Waspada Urwowiseso ; senantiasa waspada, sanggup mengawasi dan berani

memberikan koreksi.

e. Ambeg Paramarta ; harus mampu menentukan segala sesuatu dengan tepat dan

menentukan prioritas.

f. Prasojo ; senan tiasa bersahaja, sederhana dan tidak berlebihan.

g. Setyo ; selalu setia, loyal terhadap organisasi.

h. Geminastiti ; hemat dan cermat.

i. Beloka ; jujur, terbuka dan berani bertanggung jawab.

j. Legowe ; ikhlas, bersedia dan rela.

E. Teknik kepemimpinan

a. Teknik pematangan / penyiapan pengikut

1. Teknik penerangan (memberikan keterangan yang jelas faktual untuk

meyakinkan kepada pengikut sesuai dengan kemauan pemimpin ).

2. Teknik propaganda berusaha memaksakan kehendak atau keinginan pemimpin

yang kadang-kadang bagi pengikut tidak ada pilihan lain.

b. Teknik Human Relations

Teknik ini merupakan proses pemberian dorongan agar orang mau bergerak, yang

dapat dijadikan motif, yaitu pemenuhan physis dan kebutuhan psikologis.

c. Teknik menjadi tauladan

Teknik pemberian contoh yang mewujudkan dalam dua aspek, yaitu aspek negatif

dalam bentuk larangan dan aspek positif dalam bentuk anjuran atau keharusan.

d. Teknik persuasi ( mengajak dengan lunak).

e. Teknik pemberian perintah

Teknik menyuruh orang yang diberi peritah dengan ketentuan power dan kekuasaan.

f. Teknik penggunaan system komunikasi yang cocok.

Teknik ini harus mempertimbangkan kondisi penerimaan informasi ( yang diajak

komunikasi ).

g. Teknik penyedian Fasilitas-fasilitas

Kepada sekelompok orang yang sudah siap untuk mengikuti ajakan sipemimpin,

maka orang-orang itu harus diberi fasilitas, atau kemudahan-kemudahan.

F. Fungsi Kepemimpinan

Fungsi kepemimpinan organisasi sebagai salah satu fungsi management, kepemimpinan

menjadi, mencakup beberapa tugas, dan kewajiban organisasi diantaranya :

a. Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan dalam rangka menjalankan kekuasaan organisasi. (Chester

Barrnat )

b. Motivasi

Motivasi diperlukan untuk kebutuhan psikologis, keamanan, kebutuhan social,

prestise, mempertinggi kemampuan (Abraham Maslow ).

c. Visi

“ Tragedi terbesar dalam diri seorang manusia adalah bila menjadi penglihatan tetapi

tidak mempunyai visi.

KEPEMIMPINAN UMUM

Yang dimaksud dengan tipologi kepemimpinan dalah bagaimana pemimpin menjalankan

tugasnya, misalnya gaya apa yang digunakan dalam merencanakan, merumuskan,

menyampaikan perintah, atau ajakan kepada yang diperintah.

Penggolongan gaya kepemimpinan :

1. Gaya Kepemimpinan Otokratis ( terpusat pada pemimpin /direktif )

Gaya ini ditandai dengan banyaknya petunjuk yang dating dari pemimpin (penonjolan

pada pemberian perintah ).

2. Gaya Kepemimpinan Birokratis

Ditandai dengan keketatan pelaksanaan prosedur yang berlaku pada pemimpin dan anak

buahnya atua memimpin berdasarkan peraturan.

3. Gaya Kepemimpinan Demokratis

Gaya ini terpusat pada anak buah, kepemimpinan dengan kesederajatan, kepemimpinan

konsultatif atau parsitipatif (terjadi komunikasi dua arah ) dan keputusan diambil secara

bersama.

4. Gaya Kepemimpinan Bebas

Pemimpin melimpahkan sepenuhnya kepada anak buahnya dalam menentukan tujuan

serta cara dipilih untuk mencapai tujuan itu. Peranan pemimpin hanyalah menyediakan

keterangan dan hubungan dengan pihak luar.

KESIMPULAN

Dengan memperhatikan definisi dan deskripsi yang ada maka pada umumnya kepemimpinan

diartikan sebagai kemampuan dan kesanggupan menggerakan orang-orang untuk bekerja dan

mengarahkannya pada tujuan yang telah ditetapkan.

Pemimpin dan kepemimpinannya perlu menumbuhkan sifat dasar dan sifat-sifat tertentu yang

sesuai dengan keadaan/kondisi Indonesia yang sedang membangun sesuai dengan tujuan dan cita-cita nasional.

Para pemimpin organisasi diera reformasi dihadapkan kepada multi tantangan akibat

kesalahan-kesalahan masa lalu. Untuk para pemimpin organisasi sekarang dituntut memiliki

moralitas, integritas kepemimpinan professional kompetitif dan daya saing tinggi.

0 komentar: